Pages

8/13/2015 at 10:42 Posted by Unknown 0 Comments

"Manfaat Singkong Untuk Kesehatan"

Tanaman singkong adalah tanaman umbi-umbian yang memiliki beberapa nama diantaranya ketela atau umbi kayu, Singkong juga sering dijadikan sebagai alternatif makanan pokok karena singkong memiliki kalori yang cukup banyak, Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Jadi tidak salah bila singkong menjadi salah satu makanan pokok di beberapa daerah di wilayah Indonesia karena dapat menjadi sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.
           Bukan hanya bagian akar dari tamana singkong saja yang bisa di konsumsi, daun singkongpun biasa dijadikan sayuran ataupun lalapan. Selain sebagai sumber karbohidrat, singkong juga memilki kandungan serat yang cukup tinggi.
Pada abad ke-16 singkong pertama kali diperkenal kan di Indonesia oleh orang Portugis dari Brasil, lalu sekitar tahun 1810 pada masa pemerintahan Hindia Belanda singkong mulai ditanam secara komersial di wilayah Indonesia. Setelah itu, berbagai olahan makanan dengan bahan dasar singkong mulai bermunculan, seperti keripik, tape, roti dan lain-lain. Ternyata selain memiliki karbohidrat yang cukup banyak, singkong juga memilki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat singkong untuk kesehatan tubuh

Sumber Serat
Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus.

Protein Tinggi
Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein  yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

Vitamin K
Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

Vitamin B kompleks
Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

Melancarkan pencernaan
Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Mineral penting
Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Singkong bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

Itulah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan yang saya ketahui, semoga bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan untuk kita semua…
d(^n^)b

 

0 Responses so far.

Post a Comment

komentarnya jangan sara atau kasar, terus jangan lupa likenya ...

    About Me

    Followers